Download Panduan Pembelajaran Untuk Smp Sesuai Permendikbud Nomor 23Tahun 2019
Dalam rangkan mendukung keterlaksanaan pelaksanaan Kurikulum 2019, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama telah menerbitkan Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Pertama Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2019. Panduan ini disusun dengan maksud untuk mengatakan penjelasan praktis mengenai pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 23 Tahun 2019 perihal standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Dalam standar Proses tersebut dinyatakan bahwa pembelajaran menerapkan Pendekatan saintifik yang didukung oleh berbagai metode pembelajaran ibarat Inquiry/Discovery Learning, Problem-Based Learning, dan Project-Based Learning.
Dalam Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Pertama Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2019 diberikan tumpuan RPP dan langkah-langkah pembelajaran dengan model atau metode saintifik, tumpuan RPP dan langkah-langkah pembelajaran dengan model atau metode pembelajaran inquiry/discovery, tumpuan RPP dan langkah-langkah pembelajaran dengan model atau metode problem based learning, tumpuan RPP dan langkah-langkah pembelajaran dengan model atau metode berbasis proyek, tumpuan RPP dan langkah-langkah pembelajaran dengan model atau metode model / metode pembelajaran kooperatif, dan tumpuan RPP dan langkah-langkah pembelajaran dengan model atau metode model / metode pembelajaran pembelajaran berbasis teks.
![]() |
PANDUAN PEMBELAJARAN UNTUK Sekolah Menengah Pertama 2019 |
Berikut ini uraian singkat mengenai Proses pembelajaran yang dikehendaki dalam Kurikulum 2019.
Proses pembelajaran di dalam dan luar kelas pada Kurikulum 2019 meliputi aktivitas pendahuluan, inti, dan penutup. Sebagian atau seluruh aktivitas pembelajaran dipilih dan dilaksanakan semoga akseptor didik memperoleh pengetahuan perihal nilai, memahami atau meresapi pentingnya nilai, dan mempraktikkan nilai-nilai karakter. Berikut disajikan bagaimana menumbuhkan budi pekerti pada tahap pendahuluan, inti dan penutup.
a. Pendahuluan
Pada aktivitas pendahuluan, umumnya guru:
1) menyiapkan akseptor didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
2) mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan bahan yang akan dipelajari;
3) menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
4) mengatakan cakupan bahan dan penjelasan uraian aktivitas sesuai silabus.
Ada sejumlah cara yang sanggup dilakukan untuk mengenalkan nilai, memahami pentingnya nilai, dan memfasilitasi pelaksanaan nilai-nilai huruf (budi pekerti) pada tahap pembelajaran ini. Berikut yaitu beberapa contoh.
1) Guru datang tepat waktu (contoh nilai yang ditumbuhkan: disiplin)
2) Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (contoh nilai yang ditumbuhkan: santun, peduli)
3) Berdoa sebelum membuka pelajaran (contoh nilai yang ditumbuhkan: religius)
4) Mengecek kehadiran siswa (contoh nilai yang ditumbuhkan: disiplin)
5) Mendoakan siswa yang tidak hadir alasannya yaitu sakit atau alasannya yaitu halangan lainnya (contoh nilai yang ditumbuhkan: religius, peduli)
6) Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (contoh nilai yang ditumbuhkan: disiplin)
7) Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (contoh nilai yang ditumbuhkan: disiplin, santun, peduli)
8) Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, mengatakan butir-butir huruf (budi pekerti) yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KI/KD
b. Inti
Kegiatan pembelajaran pada aktivitas inti pada dasarnya mengikuti sintaks metode yang diterapkan oleh guru. Berikut disajikan tumpuan sikap yang ditumbuhkan apabila guru menerapkan pembelajaran dengan metode ilmiah.
1) Mengamati
Pada langkah ini siswa mengamati fenomenon dengan indera (mendengarkan, melihat, membau, meraba, mengecap) dengan atau tanpa alat (untuk menemukan masalah/ gap of knowledge or skill ). Nilai-nilai sikap (budi pekerti) yang sanggup tumbuh melalui kagiatan pada langkah ini antara lain rasa ingin tahu dan kritis.
2) Menanya
Dalam langkah ini siswa merumuskan pertanyaan berangkat dari masalah ( gap of knowledge and/or skill ) yang diperoleh dari pengamatan. Nilai-nilai sikap (budi pekerti) yang sanggup tumbuh melalui kagiatan pada langkah ini sanggup sama dengan pada langkah mengamati, antara lain rasa ingin tahu dan kritis.
3) Mengumpulkan informasi/mencoba
Dalam langkah ini siswa mengumpulkan informasi/data dengan satu atau lebih teknik yang sesuai, misalnya eksperimen, pengamat an, wawancara, survei, dan membaca dokumen-dokumen. Nilai-nilai sikap (budi pekerti) yang sanggup tumbuh melalui kagiatan pada langkah ini antara lain ketelitian, kejujuran, kesabaran, dan ketang -guhan.
4) Menalar/mengasosiasi
Dalam langkah ini siswa menggunakan informasi/data yang sudah dikumpulkan (dimiliki) untuk menjawab pertanyaan yang dirumuskan sebelumnya dan menarik kesimpulan. Nilai-nilai sikap (budi pekerti) yang sanggup tumbuh melalui kagiatan pada langkah ini antara lain saling menghargai, ketelitian, kejujuran, sikap kritis, dan berfikir logis.
5) Mengomunikasikan
Dalam langkah ini siswa mengatakan akibat atas pertanyaan (kesimpulan) berdasarkan hasil penalaran/asosiasi informasi/data secara lisan dan/atau tertulis. Nilai-nilai sikap (budi pekerti) yang sanggup tumbuh melalui kagiatan pada langkah ini antara lain saling menghargai, rasa percaya diri, kesantunan dalam berkomunikasi, sikap kritis, dan berfikir logis.
6) Mencipta
Dalam langkah ini siswa mencipta dan/atau menginovasi produk, model, gagasan dengan pengetahuan yang telah diperoleh. Nilai-nilai sikap (budi pekerti) yang sanggup tumbuh melalui kagiatan pada langkah ini antara lain saling menghargai, inovatif, dan kreatif.
c. Penutup
Dalam aktivitas penutup, guru:
1) bahu-membahu dengan akseptor didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran (contoh nilai yang ditumbuhkan: mandiri, kerjasama, kritis, logis);
2) melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram (contoh nilai yang ditumbuhkan: jujur, mengetahui kelebihan dan kekurangan);
3) mengatakan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran (contoh nilai yang ditumbuhkan: saling menghargai, perca ya diri, santun, kritis, logis);
4) merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, aktivitas pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas, baik peran individual maupun kelompok sesuai dengan hasil berguru akseptor didik; dan
5) mengatakan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan semoga penumbuhan budi pekerti terjadi dengan lebih intensif selama tahap penutup.
1) Selain simpulan yang terkait dengan aspek pengetahuan, semoga akseptor didik difasilitasi membuat pelajaran adat yang berharga yang dipetik dari pengetahuan/keterampilan dan/atau proses pembelajaran yang telah dilaluinya untuk memperoleh pengetahuan dan/atau keterampilan pada pelajaran tersebut.
2) Penilaian tidak hanya mengukur pencapaian siswa dalam pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga pada perkembangan huruf mereka.
3) Umpan balik baik yang terkait dengan produk maupun proses, harus menyangkut baik kompetensi maupun karakter, dan dimulai dengan aspek-aspek positif yang ditunjukkan oleh siswa.
4) Karya-karya siswa dipajang untuk menyebarkan sikap saling menghargai karya orang lain dan rasa percaya diri.
5) Kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, aktivitas pengayaan, layanan konseling dan/atau mengatakan peran baik peran individual maupun kelompok diberikan dalam rangka tidak hanya terkait dengan pengembangan kemampuan intelektual, tetapi juga kepribadian.
6) Berdoa pada simpulan pelajaran.
Selengkapnya silahkan download Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Pertama Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2019 (Disini)
Demikian informasi tentang Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Pertama Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2019, semoga bermanfaat.
Demikian informasi tentang Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Pertama Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2019, semoga bermanfaat.
====================================
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Download Panduan Pembelajaran Untuk Smp Sesuai Permendikbud Nomor 23Tahun 2019"