Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Teknik Penulisan Dan Penyusunan Soal Hots Sd Smp Sma Smk

 Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS  TEKNIK PENULISAN DAN PENYUSUNAN SOAL HOTS SD  Teknik Penulisan Dan Penyusunan Soal Hots Sd Smp Sma Smk




Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD SMP SMA SMK. Penilaian ialah proses  pengumpulan   dan  pengolahan  informasi  untuk mengukur  pencapaian  hasil  belajar  peserta  didik. Penilaian HOTS ialah penilaian yang instrumennya lebih menekankan aspek kecerdikan sehat dan kecerdikan yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melaksanakan pengolahan (recite).



Ciri soal-soal HOTS ialah soal yang sanggup mengukur kemampuan:

1.    transfer satu konsep ke konsep lainnya,
2.    memproses dan menerapkan informasi,
3.    mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda,
4.    menggunakan informasi untuk merampungkan masalah,
5.    menelaah inspirasi dan informasi secara kritis.

Dalam Implementasi Teori Kognitif Bloom (teori Bloom) yang direvisi Anderson & Krathwohl,  penilaian HOTS mencakup dimensi menganalisis (C4), Menilai (C5) dan Mengkreasi (C6).


 Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS  TEKNIK PENULISAN DAN PENYUSUNAN SOAL HOTS SD  Teknik Penulisan Dan Penyusunan Soal Hots Sd Smp Sma Smk




 Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS  TEKNIK PENULISAN DAN PENYUSUNAN SOAL HOTS SD  Teknik Penulisan Dan Penyusunan Soal Hots Sd Smp Sma Smk

Lalu bagiamana Karakteristik Soal HOTS SD SMP SMA SMK ?. Berikut ini beberapa Karakteristik Soal HOTS diantaranya:
1.    Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, meminimalkan aspek mengingat dan memahami
2.    Berbasis permasalahan kontekstual;
3.    Stimulus menarik;
4.    Tidak Familiar
5.    Kebaruan

Bagaimana Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD SMP SMA SMK ? Berikut ini Langkah-langkah Menyusun Soal HOTS
1.    Menganalisis KD yang sanggup dibuatkan soal HOTS.
2.    Menyusun kisi-kisi soal.
3.    Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual;
4.    Menulis butir pertanyaan pada kartu soal sesuai dengan kisi-kisi soal. Butir-butir pertanyaan ditulis supaya sesuai dengan kaidah penulisan butir soal.
5.    Membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban.

1.  Gunakan Konteks Dunia Nyata
Penyajian dilema faktual memungkinkan proses menelaah informasi

2.  Berikan Pertanyaan yang terkait analisis visual
Melalui analisa visual bagan yang kompleks, maka tingkat berfikir ordenya lebih tinggi
Contoh Bukan HOTS
Apakah kiprah burung elang dalam suatu rantai makanan
Dapat diubah menjadi Soal HOTS mirip contoh di bawah ini
Seorang petani berhasil menemukan cairan dari bahan alami yang bisa membasmi ulat  sehingga jumlah ulat menurun dengan drastis. Apakah yang akan terjadi kepada elang

3.  Tanyakan alasan dari tanggapan yang diberikan
Contoh:
Abad 21 ialah kurun teknologi informasi. Arus informasi yang begitu deras bisa berdampak negatif terhadap persatuan dan kesatuan bangsa. Misalnya kejadian perkelahian antarsiswa yang berbeda suku bangsa di suatu sekolah yang belum sanggup dibuktikan kebenarannya, diunggah seorang pelajar di media sosial. Berita tersebut akan cepat tersebar ke masyarakat luas sehingga memicu konflik antar suku bangsa. Oleh lantaran ialah itu, pembatasan penggunaan media umum harus diterapkan kepada semua pelajar.
Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu!

4. Gunakan Bentuk Soal yang Beragam (misalnya pilihan ganda dan uraian)

Bagaimana Cara atau Teknik Penulisan Soal HOTS SD SMP SMA SMA ? Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) yang di dalam membahasa tentang Cara atau Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD SMP SMA SMK . Materi buku ini bertujuan  untuk  membekali guru supaya bisa menulis dan menyusun soal HOTS serta melaksanakan  penilaian  berbasis  HOTS  sehingga  siswa  terbiasa  dengan  soal-soal  dan pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) supaya terdorong kemampuan berpikir kritisnya.


Penilaian berorientasi HOTS bukanlah sebuah bentuk penilaian yang gres bagi guru dalam melaksanakan penilaian. Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan  guru  dalam  melakukan  penilaian.  Guru  dalam  penilaian  ini harus menekankan  pada  penilaian  sikap,  pengetahuan  dan  keterampilan  yang  bisa meningkatkan  keterampilan  peserta  didik  dalam  proses  pembelajaran  berorientasi HOTS.



Buku pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) yang berisi Bagaimana Cara atau Teknik Penulisan / Penusunan Soal HOTS ini dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:
1.  Memberikan contoh kepada guru dalam membuatkan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
2.  Memberikan  acuan  kepada  kepala  sekolah  dalam  pelaksanaan  supervisi akademik  terhadap  guru  dalam  melaksanakan  penilaian  berorientasi  pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
3.  Memberikan  acuan  pada  pengawas  sekolah  dalam  pelaksanaan  supervisi akademik  dan  manajerial  terhadap  pelaksanaan  penilaian  berorientasi  pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.

Sasaran penggunaan buku Pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) ini ialah sebagai berikut:
1.  Guru  Jenjang  Sekolah  Dasar  (SD),  Sekolah  Menengah  Pertama  (SMP),  Sekolah Menengah  Atas  (SMA),  dan  Sekolah  Menengah  Kejuruan  (SMK)  untuk  mata pelajaran adaptif dan normatif.
2.  Guru  Sekolah  Menengah  Kejuruan  (SMK)  Produktif,  Bimbingan  Konseling  (BK), Pendidikan  Anak  Usia  Dini  (PAUD)  dan  Pendidikan  Masyarakat  (Dikmas)  serta Pendidikan Luar Biasa (PLB).
3.  Kepala Sekolah /Madrasah. 
4.  Pengawas Sekolah /Madrasah.

Selengkapnya silahkan pelajari Buku Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill), melalui link download ---DISINI----

Demikian informasi tentang Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD SMP SMA SMK. Semoga bermanfaat, terima kasih.




= Baca Juga =




Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Teknik Penulisan Dan Penyusunan Soal Hots Sd Smp Sma Smk"