Panduan Penilaian Untuk Sma Edisi Tahun 2019 Sesuai Permendikbud Nomor23 Tahun 2019
Sekedar melangkapi isi blog ini guna memudahkan mencari dokumentasi secara online, kali ini saya posting Panduan Penilaian Untuk SMA Edisi Tahun 2019 Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2019.
Sebagaimana diketahui, pemerintah mengeluarkan kebijakan ihwal Kurikulum 2019 yang diimplementasikan secara bertahap mulai tahun pelajaran 2019/2014. Kurikulum 2019 menerapkan pembelajaran berbasis aktivitas, yang diperlukan akan menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terintegrasi. Hal ini berimplikasi pada pelaksanaan penilaian yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang dilakukan menggunakan aneka macam cara.
Berdasarkan pengamatan dan hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan di SMA pelaksana Kurikulum 2019 , teridentifikasi bahwa permasalahan utama dalam implementasi Kurikulum 2019 adalah pada penilaian hasil belajar peserta didik. Berikut beberapa pendapat yang disampaikan sebagian besar guru terkait dengan penilaian :
1. Masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam penilaian sikap spiritual (KI -1) dan sikap sosial (KI -2) .
2. Masih banyak guru yang belum terbiasa menggunakan beberapa teknik penilaian , menyerupai portofolio dan proyek dalam melakukan penilaian keterampilan.
3. Sekolah mengalami kesulitan dalam menentukan interval nilai untuk predikat pengetahuan dan keterampilan yang merujuk bahwa KKM ialah batas minimal predikat C.
4. Pemahaman dan implementasi remedial di sekolah masih banyak persepsi yang berbeda-beda.
Memperhatikan kondisi tersebut di atas dan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu implementasi Kurikulum 2019 secara berkelanjutan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melalui direktorat teknis terkait menyusun Panduan Penilaian . Salah satu panduan tersebut ialah Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Panduan dimaksud disusun oleh Direktorat Pembinaan SMA, bersama Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk). Panduan Penilaian untuk SMA edisi tahun 2019 mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 53 Tahun 2019 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan serta peraturan penilaian yang terkait .
Seiring dengan dengan terbitnya Permendikbud Nomor 23 Tahun 2019 ihwal Standar Penilaian Pendidikan, maka Panduan Penilaian untuk SMA edisi tahun 2019 perlu disesuaikan dan disempurnakan. Oleh lantaran ialah itu Direktorat Pembinaan SMA telah menerbitkan Panduan Penilaian untuk SMA edisi tahun 2019. Berikut ini link Download Panduan Penilaian Untuk SMA Edisi Tahun 2019 Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2019
Download Panduan Penilaian SMA Edisi 2019 (DISINI)
PANDUAN PENILAIAN UNTUK SMP EDISI TAHUN 2019 SESUAI PERMENDIKBUD NOMOR 23 TAHUN 2019 (DISINI)
Demkian info tentang Panduan Penilaian SMA Edisi 2019. Terima kasih, mudah-mudah bermanfaat.
===========================================
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Panduan Penilaian Untuk Sma Edisi Tahun 2019 Sesuai Permendikbud Nomor23 Tahun 2019"