Lomba Coding Edusiber 2020 Untuk Guru Dan Siswa Sma/Smk Tahun 2020

Lomba Coding Edusiber 2020 Untuk Guru dan Siswa SMA/SMK Tahun 2020. Memasuki revolusi industri 4.0 dimana masyarakat dituntut lebih kreatif dalam menciptakan aplikasi penunjang untuk fasilitas informasi dan komunikasi. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (PUSTEKKOM KEMENDIKBUD) sebagai unit utama di bawah Kemendikbud yang berfungsi melakukan pengembangan dan pendayagunaan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan berinisiatif mengadakan Lomba Coding EDUSIBER 2020 sebagai wadah untuk mencari bakat-bakat baru dalam kreasi aplikasi pada jenjang guru dan siswa.
Lomba Coding Edusiber 2020 Untuk Guru dan Siswa SMA/SMK Sederajat Tahun 2020 juga bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan para guru dan siswa dalam pemrograman komputer sekaligus memeriahkan rangkaian Anugerah Kihajar yang sudah dilaksanakan sejak 2006.
Ketentuan Peserta Lomba Coding Edusiber 2020 Untuk Guru dan Siswa SMA/SMK Sederajat Tahun 2020
· Peserta Lomba Coding Edusiber 2020 merupakan penerima individu dibagi menjadi 2 kategori: GURU dan SISWA SMA/SMK
· Sekolah asal Peserta harus berasal dari 12 propinsi yang sudah ditentukan (Aceh, Kep. Riau, Jambi, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan)
· Karya aplikasi yang dilombakan merupakan hasil karya sendiri (bukan hasil karya orang lain).
· Karya aplikasi yang dilombakan sesuai dengan tema “Kepedulian terhadap Keamanan Informasi (Edusiber)”.
· Peserta membawa laptop dan modem sendiri.
· Setiap penerima wajib menaati peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia selama mengikuti Lomba Coding Edusiber 2020.
Teknis Pendaftaran & Pengumpulan Proposal
· Setiap penerima melakukan registrasi di laman https://edusibercoding.kemdikbud.go.id
· Pengunggahan berkas dimulai dari 1 April 2020 s.d 31 Mei 2020.
· Panitia tidak mendapatkan berkas yang dikirimkan melewati waktu registrasi tersebut.
· Berkas yang diunggah ke laman https://edusibercoding.kemdikbud.go.id, dengan format file .docx atau .pdf yang berisi:
1. Proposal karya aplikasi
2. Formulir pendaftaran
3. Foto berwarna bebas formal sebesar 4×6 untuk setiap peserta
· Peserta yang berhasil merampungkan registrasi akan mendapatkan notifikasi melalui email dan SMS.
· Poin-poin penilaian proposal :
1. Desain dan rancangan aplikasi
2. Desain basis data
3. Inovasi aplikasi
Ketentuan Karya
· Karya aplikasi yang dibuat penerima tidak melanggar hak cipta, tidak mengandung SARA dan pornografi, dan mampu dipertanggung jawabkan.
· Karya aplikasi yang di lombakan mampu berupa Games dan Aplikasi Keamanan Siber:
• Cyber Security Awareness (Kepedulian Keamanan Siber), contoh: games simulasi menangkal ancaman keamanan siber
• Cyber Security Tools (Perangkat Keamanan Siber), contoh: Panic button, antivirus, aplikasi monitoring dan tracking
· Proposal karya aplikasi diunggah ke laman https://edusibercoding.kemdikbud.go.id
· Proposal karya aplikasi yang telah diikutsertakan merupakan hak panitia dan tidak akan dikembalikan
· Proposal karya aplikasi yang telah dikumpulkan mampu diedit/diperbaiki kembali oleh penerima sampai dengan penutupan registrasi (14 Juni 2020, pukul 23.59)
· Peserta yang masuk ke seleksi simpulan regional propinsi merampungkan karya aplikasi sesuai dengan proposal karya aplikasi yang telah diunggah ke laman https://edusibercoding.kemdikbud.go.id, apabila tidak sesuai maka penerima akan didiskualifikasi.
· Apabila ada penerima yang terbukti melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang telah ditetapkan akan didiskualifikasi dan dukungan penghargaan akan dibatalkan.
Pengumuman Peserta Lolos Final Regional Propinsi
Proses seleksi dan penjurian proposal karya aplikasi oleh tim juri akan dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2020 Pengumuman Finalis Regional Propinsi yang berhak mengikuti tahap simpulan akan dilaksanakan pada bulan Juni 2020, melalui laman https://edusibercoding.kemdikbud.go.id
Baca Juga
Hadiah bagi Pemenang Lomba Coding Edusiber 2020 Untuk Guru dan Siswa SMA/SMK Sederajat Tahun 2020
Kategori Guru
Juara I : Plakat + uang pelatihan Rp. 10.000.000 + Laptop
Juara II : Plakat + uang pelatihan Rp. 5.000.000 + Laptop
Juara III : Plakat + uang pelatihan Rp. 3.000.000 + Laptop
Kategori Siswa
Juara I : Plakat + uang pelatihan Rp. 10.000.000 + Laptop
Juara II : Plakat + uang pelatihan Rp. 5.000.000 + Laptop
Juara III : Plakat + uang pelatihan Rp. 3.000.000 + Laptop
Informasi lebih lanjut dan link registrasi online di laman https://edusibercoding.kemdikbud.go.id
Demikian informasi tentang Lomba Coding Edusiber 2020 Untuk Guru dan Siswa SMA/SMK Sederajat Tahun 2020. Semoga ada manfaatnya, terima kasih
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Lomba Coding Edusiber 2020 Untuk Guru Dan Siswa Sma/Smk Tahun 2020"