Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download Kumpulan Powerpoint Untuk Pembelajaran Ppkn Smp Kelas 8Kurikulum 2019 (Bagian 3)

Media berasal dari bahasa Latin yang merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang secara harfiah berarti “perantara” atau “pengantar”, yakni perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan.
Media pembelajaran mampu dikatakan sebagai alat yang mampu merangsang siswa untuk biar erjadi proses belajar. Sanjaya (2008) menyatakan bahwa media pembelajaran meliputi perangkat keras yang mampu mengantarkan pesan dan perangkat lunak yang mengandung pesan. Namun demikian, media bukan hanya  berupa alat atau bahan saja, tapi juga hal-hal lain yang memungkinkan siswa memeroleh pengetahuan. Media bukan hanya berupa TV, radio, computer, tapi juga meliputi manusia sebagai sumber belajar, atau acara menyerupai diskusi, seminar simulasi, dan sebagainya. Dengan demikian media pembelajaran mampu  disimpulkan sebagai segala sesuatu yang mampu menyalurkan pesan, mampu merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa sehingga mampu mendorong terciptanya proses berguru pada diri siswa.


Pada mulanya, media pembelajaran hanya berfungsi sebagai alat bantu bagi guru untuk mengajar dan yang digunakan ialah gres sebatas alat bantu visual. Sekitar pertengahan masa ke-20 usaha pemanfaatan visual dilengkapi dengan digunakannya alat audio, sehingga lahirlah alat bantu audio-visual. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), khususnya dalam bidang pendidikan, ketika ini penggunaan alat bantu atau media pembelajaran menjadi semakin luas dan interaktif, menyerupai adanya komputer dan internet.

Secara umum media memiliki beberapa fungsi, diantaranya:
1. Dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para siswa. Pengalaman tiap siswa berbeda-beda, tergantung dari faktor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak, menyerupai ketersediaan buku, kesempatan berwisata, dan sebagainya.

2. Dapat melampaui batasan ruang kelas. Banyak hal yang tidak mungkin dialami secara pribadi di dalam kelas oleh para siswa tentang suatu obyek, yang disebabkan, karena: (a) obyek terlalu besar; (b) obyek terlalu kecil; (c) obyek yang bergerak terlalu lambat; (d) obyek yang bergerak terlalu cepat; (e) obyek yang terlalu kompleks; (f) obyek yang bunyinya terlalu halus; (f) obyek mengandung berbahaya dan resiko tinggi. Melalui penggunaan media yang tepat, maka semua obyek itu mampu disajikan kepada siswa.

3.Memungkinkan adanya interaksi pribadi antara siswa denganlingkungannya.

4. Menghasilkan keseragaman pengamatan

5.Menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis.

6. Membangkitkan harapan dan minat baru.

7.Membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar.

8.Memberikan pengalaman yang menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan gila


Klasifikasi Media Pembelajaran

Media Pembelajaranr secara garis besarnya, terdiri dari dua jenis, yakni:

1. Yang dirancang (by design), yakni media dan sumber berguru yang secara khusus dirancang atau dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional untuk memperlihatkan kemudahan berguru yang terarah dan bersifat formal.

2. Yang dimanfaatkan (by utilization), ialah media dan sumber berguru yang tidak didesain khusus untuk keperluan pembelajaran dan keberadaannya mampu ditemukan, diterapkan dan dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran

Jenis Media Pembelajaran
Terdapat bermacam-macam pembagian jenis media pembelajaran yang dikemukakan para ahli, namun pada dasarnya pembagian jenis media tersebut memiliki persamaan. Secara garis besar media pembelajaran terbagi atas:

1. Media audio, yakni media yang hanya mampu didengar saja atau yang memiliki unsur suara, menyerupai radio dan rekaman suara.
2. Media visual, yakni media yang hanya mampu dilihat saja dan tidak mengandung unsur suara, menyerupai gambar, lukisan, foto, dan sebagainya.
3. Media audiovisual, yakni media yang mengandung unsur bunyi dan juga memiliki unsur gambar yang mampu dilihat, menyerupai rekaman video, film dan sebagainya.

Berkaitan dengan Media Pembelajaran berikut saya sharrekan media pembelajaran PPKN untuk Kelas 8 SMP kurikulum 2019 dalam bentuk powerpoint yang sudah dirancang oleh Bpk Maman Haeruman, guru PPKN SMPN 1 Saketi.


Pada posting pecahan ketiga ini ini saya sharrekan powerpoint untuk pembelajaran PPKN SMP Kelas 8 Kurikulum 2019 yang terdiri dari

1)    Powerpoint PPKN SMP/MTS Kelas 8 Kurikulum 2019 tentang Makna Tata Urutan Peraturan Perundang-undangan  di Indonesia
2)    Powerpoint PPKN SMP/MTS Kelas 8 Kurikulum 2019 tentang Proses Pembuatan Peraturan Perundang-undangan Indonesia (1)
3)    Powerpoint PPKN SMP/MTS Kelas 8 Kurikulum 2019 tentang Proses Pembuatan Peraturan Perundang-undangan Indonesia (2)
4)    Powerpoint PPKN SMP/MTS Kelas 8 Kurikulum 2019 tentang Ketaatan terhadap  Peraturan Perundang-undangan
5)    Powerpoint PPKN SMP/MTS Kelas 8 Kurikulum 2019 tentang Norma dan Kebiasaan Antardaerah  di Indonesia
6)    Powerpoint PPKN SMP/MTS Kelas 8 Kurikulum 2019 tentang Arti Penting Keberagaman Konteks Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia
7)    Powerpoint PPKN SMP/MTS Kelas 8 Kurikulum 2019 tentang Menghargai Norma dan Kebiasaan Antardaerah  di Indonesia

Link Download Powerpoint PPKN SMP/MTS Kelas 8 Kurikulum 2019 Bagian 3 (DISINI)

Demikian info terkait Powerpoint untuk pembelajaran PPKN SMP kelas 8. Semoga bermanfaat.


==========================================




= Baca Juga =




Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Download Kumpulan Powerpoint Untuk Pembelajaran Ppkn Smp Kelas 8Kurikulum 2019 (Bagian 3)"