Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download Kumpulan Powerpoint Untuk Pembelajaran Ppkn Smp Kelas 8Kurikulum 2019 (Bagian 2)

Media berasal dari bahasa Latin yang merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang secara harfiah berarti “perantara” atau “pengantar”, yakni perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan.
Media pembelajaran mampu dikatakan sebagai alat yang mampu merangsang siswa untuk agar erjadi proses belajar. Sanjaya (2008) menyatakan bahwa media pembelajaran meliputi perangkat keras yang mampu mengantarkan pesan dan perangkat lunak yang mengandung pesan. Namun demikian, media bukan hanya  berupa alat atau bahan saja, tapi juga hal-hal lain yang memungkinkan siswa memeroleh pengetahuan. Media bukan hanya berupa TV, radio, computer, tapi juga meliputi manusia sebagai sumber belajar, atau acara mirip diskusi, seminar simulasi, dan sebagainya. Dengan demikian media pembelajaran mampu  disimpulkan sebagai segala sesuatu yang mampu menyalurkan pesan, mampu merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa sehingga mampu mendorong terciptanya proses berguru pada diri siswa.


Pada mulanya, media pembelajaran hanya berfungsi sebagai alat bantu bagi guru untuk mengajar dan yang digunakan yakni gres sebatas alat bantu visual. Sekitar pertengahan periode ke-20 usaha pemanfaatan visual dilengkapi dengan digunakannya alat audio, sehingga lahirlah alat bantu audio-visual. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), khususnya dalam bidang pendidikan, saat ini penggunaan alat bantu atau media pembelajaran menjadi semakin luas dan interaktif, mirip adanya komputer dan internet.

Secara umum media memiliki beberapa fungsi, diantaranya:
1. Dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para siswa. Pengalaman tiap siswa berbeda-beda, tergantung dari faktor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak, mirip ketersediaan buku, kesempatan berwisata, dan sebagainya.

2. Dapat melampaui batasan ruang kelas. Banyak hal yang tidak mungkin dialami secara eksklusif di dalam kelas oleh para siswa wacana suatu obyek, yang disebabkan, karena: (a) obyek terlalu besar; (b) obyek terlalu kecil; (c) obyek yang bergerak terlalu lambat; (d) obyek yang bergerak terlalu cepat; (e) obyek yang terlalu kompleks; (f) obyek yang bunyinya terlalu halus; (f) obyek mengandung berbahaya dan resiko tinggi. Melalui penggunaan media yang tepat, maka semua obyek itu mampu disajikan kepada siswa.

3.Memungkinkan adanya interaksi eksklusif antara siswa denganlingkungannya.

4. Menghasilkan keseragaman pengamatan

5.Menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis.

6. Membangkitkan cita-cita dan minat baru.

7.Membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar.

8.Memberikan pengalaman yang menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan asing


Klasifikasi Media Pembelajaran

Media Pembelajaranr secara garis besarnya, terdiri dari dua jenis, yakni:

1. Yang dirancang (by design), yakni media dan sumber berguru yang secara khusus dirancang atau dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional untuk mengatakan fasilitas berguru yang terarah dan bersifat formal.

2. Yang dimanfaatkan (by utilization), yaitu media dan sumber berguru yang tidak didesain khusus untuk keperluan pembelajaran dan keberadaannya mampu ditemukan, diterapkan dan dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran


Jenis Media Pembelajaran
Terdapat majemuk pembagian jenis media pembelajaran yang dikemukakan para ahli, namun pada dasarnya pembagian jenis media tersebut memiliki persamaan. Secara garis besar media pembelajaran terbagi atas:

1. Media audio, yakni media yang hanya mampu didengar saja atau yang memiliki unsur suara, mirip radio dan rekaman suara.
2. Media visual, yakni media yang hanya mampu dilihat saja dan tidak mengandung unsur suara, mirip gambar, lukisan, foto, dan sebagainya.
3. Media audiovisual, yakni media yang mengandung unsur bunyi dan juga memiliki unsur gambar yang mampu dilihat, mirip rekaman video, film dan sebagainya.

Berkaitan dengan Media Pembelajaran berikut saya sharrekan media pembelajaran PPKN untuk Kelas 8 SMP kurikulum 2019 dalam bentuk powerpoint yang sudah dirancang oleh Bpk Maman Haeruman, guru PPKN SMPN 1 Saketi.

Pada posting kedua pertama ini ini saya sharrekan powerpoint untuk pembelajaran PPKN SMP Kelas 8 Kurikulum 2019 yang terdiri dari

1)    Powerpoint PPKN SMP/MTS Kelas 8 Kurikulum 2019 wacana Sistem Pemerintahan Sesuai UUD 1945 (MK dan KY )
2)    Powerpoint PPKN SMP/MTS Kelas 8 Kurikulum 2019 wacana Sistem Pemerintahan Sesuai UUD 1945 (Presiden, BPK dan MA)
3)    Powerpoint PPKN SMP/MTS Kelas 8 Kurikulum 2019 wacana Memahami Hubungan Antarlembaga Negara Sesuai dengan UUD 1945 (1)
4)    Powerpoint PPKN SMP/MTS Kelas 8 Kurikulum 2019 wacana Memahami Hubungan Antarlembaga Negara Sesuai dengan UUD 1945 (2)
5)    Powerpoint PPKN SMP/MTS Kelas 8 Kurikulum 2019 wacana Sikap Positif Terhadap Pemerinthan Indonesia


Link Download Powerpoint PPKN SMP/MTS Kelas 8 Kurikulum 2019 Bagian 2 DISINI)


Untuk Materi lainnya silahkan baca Posting wacana Download Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Pembelajaran PPKN SMP Kelas 8 Kurikulum 2019 BAGIAN 3 (DISINI)

Demikian info Powerpoint Untuk Pembelajaran PPKN SMP Kelas 8 Kurikulum 2019, agar bermanfaat


=====================================






= Baca Juga =




Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Download Kumpulan Powerpoint Untuk Pembelajaran Ppkn Smp Kelas 8Kurikulum 2019 (Bagian 2)"