Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pedoman Penyusunan Rpp Berdasarkan Permendikbud No 103 Tahun 2014

Pedoman baru dalam penyusunan RPP melengkapi gonjang-ganjing implementasi Kurikulum 2019. Sebagaimana diketahui ketika para guru telah disibukan dengan penyusunan RPP menggunakan pedoman penyusunan RPP yang telah diatur dalam 81A Tahun 2019, kemendikbud mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia PERMENDIKBUD Nomor  103  Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah yang di dalamnya mengatur tentang Pedoman Penyusunan RPP.
Berdasarkan Permendikbud No 103 Tahun 2014 komponen RPP terdiri dari (1)  identitas sekolah/madrasah,  mata  pelajaran,  dan  kelas/semester;  (2) alokasi  waktu;  (3) KI, KD, indikator  pencapaian  kompetensi; (4) materi  pembelajaran;  (5)  kegiatan  pembelajaran;  (6)  penilaian; dan (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar.

Adapun format RPP baru sesuai Permendikbud No 103 Tahun 2014 adalah sebagai berikut:

Nama Sekolah             :
Mata pelajaran             :
Kelas/Semester                     :
Alokasi Waktu              :
 A.  Kompetensi Inti (KI)
B.  Kompetensi Dasar
1.  KD pada KI-1
2.  KD pada KI-2
3.  KD pada KI-3
4.  KD pada KI-4
C.  Indikator Pencapaian Kompetensi*)
1.  Indikator KD pada KI-1
2.  Indikator KD pada KI-2
3.  Indikator KD pada KI-3
4.  Indikator KD pada KI-4
D.  Materi  Pembelajaran  (dapat berasal  dari  buku  teks  pelajaran  dan buku panduan guru, sumber berguru lain berupa muatan lokal, materi kekinian,  konteks  pembelajaran  dari  lingkungan  sekitar  yang dikelompokkan  menjadi  materi  untuk  pembelajaran  reguler, pengayaan, dan remedial)
E.  Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (...JP)
a.  Kegiatan Pendahuluan
b.  Kegiatan Inti **)
1) Mengamati
2) Menanya
3) Mengumpulkan informasi/mencoba
4) Menalar/mengasosiasi
5) Mengomunikasikan
c.  Kegiatan Penutup
2. Pertemuan Kedua: (...JP)
a.  Kegiatan Pendahuluan
b.  Kegiatan Inti **)
1)    Mengamati
2)    Menanya
3)    Mengumpulkan informasi/mencoba
4)    Menalar/mengasosiasi
5)    Mengomunikasikan
c.  Kegiatan Penutup
3. Pertemuan seterusnya.
F.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.  Teknik penilaian
2.  Instrumen penilaian
a.  Pertemuan Pertama
b.  Pertemuan Kedua
c.  Pertemuan seterusnya
3.  Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dilakukan segera sesudah program penilaian.
G.  Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.  Media/alat
2.  Bahan
3.  Sumber Belajar

==============================================


Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Pedoman Penyusunan Rpp Berdasarkan Permendikbud No 103 Tahun 2014"