Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning
![]() |
LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY / DISCOVERY LEARNING |
Sebelum membahas Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning, berikut ini penjelasan wacana Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning. Dalam Permendikbud No.22 tahun 2019 dikatakan pembelajaran inquiry disebut bersama dengan discovery. Dalam Webster’s Collegiate Dictionary inquiry didefinisikan sebagai “bertanya tentang” atau “mencari informasi”. Discovery disebut sebagai “tindakan menemukan”. Jadi, pembelajaran ini memiliki dua proses utama. Pertama, melibatkan Peserta didik dalam mengajukan atau merumuskan pertanyaan-pertanyaan (to inquire), dan kedua, Peserta didik menyingkap, menemukan (to discover) tanggapan atas pertanyaan mereka melalui serangkaian acara penyelidikan dan kegiatan-kegiatan sejenis (Sutman, et.al., 2008).
Inquiry/discovery merupakan proses pembelajaran yang didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berpikir secara sistematis. Pengetahuaan bukan sekedar sekumpulan fakta hasil dari mengingat, akan tetapi hasil dari proses menemukan atau mengkonstruksi. Dengan kata lain, pembelajaran merupakan proses fasilitasi acara penemuan (inquiry) semoga penerima didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui penemuannya sendiri (discovery).
Tujuan pertama Inquiry/Discovery Learning yakni semoga Peserta didik dapat merumuskan dan menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana,bagaimana, mengapa, dsb. Dengan kata lain, Inquiry/Discovery Learning bertujuan untuk membantu Peserta didik berpikir secara analitis. Tujuan kedua yakni untuk mendorong Peserta didik semoga semakin berani dan kreatif berimajinasi. Dengan imajinasi Peserta didik dibimbing untuk mengkreasi sesuatu menggunakan pengetahuan yang diperolehnya. Penemuan ini mampu berupa perbaikan atau penyempurnaan dari apa yang telah ada, maupun menciptakan ide, gagasan, atau alat yang belum ada (Anam, 2019:9).
Proses mengumpulkan data, mengamati, dan meringkas informasi, khususnya data numerik dalam Inquiry/Discovery Learning, efektif dalam merangsang diskusi untuk menyebarkan keterampilan berpikir kritis yang diinginkan. Peserta didik perlu mengalami bagaimana menarik selesai ilmiah berdasarkan pengamatan atas faktafakta dan sekumpulan data yang diperoleh.
Bagaimana Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning ? Berikut ini penjelasan singkat wacana Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning. Menurut Sutman, (2008:52), pada dasarnya sintaks Inquiry/Discovery Learning terdiri dari lima langkah, yakni
1. Merumuskan pertanyaan
Merumuskan pertanyaan, masalah, atau topik yang akan diselidiki.
2. Merencanakan
Merencanakan prosedur atau langkah-langkah pengumpulan dan analisis data. Langkah
3. Mengumpulkan dan menganalisis data
Kegiatan mengumpulkan informasi, fakta, maupun data, dilanjutkan dengan acara menganalisisnya.
4. Menarik selesai
Menarik simpulan-simpulan (jawaban atau penjelasan ringkas)
5. Aplikasi dan Tindak lanjut
Menerapkan hasil dan mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan lanjutan untuk dicari jawabnya.
Demikian info singkat Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning. Terima kasih, selamat berinovasi semoga sukses.
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning"