Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Latihan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (Ukks) Online

SOAL LATIHAN UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH (UKKS)
Berikut ini teladan Soal Latihan Uji Kompetensi Kepala Sekolah yang sanggup digunakan untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti Uji Kompetensi Kepala Sekolah UKKS Online. 


Bagi Anda yang Tertarik untuk mempelajari Latihan Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah UKKS Online  di bawah ini, silahkan pilih link download di bawah ini.


SOAL LATIHAN UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH (UKKS)



Link Download Latihan Soal  Uji Komptensi Kepala Sekolah UKKS Online (disini)

Petunjuk:  Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) karakter A, B, C, atau D pada lembar jawaban!


1. Syarat perumusan visi, kecuali ………..
A. Visi  bukanlah  fakta,  tetapi  gambaran  pandangan  ideal  masa depan yang ingin diwujudkan.
B. Visi sanggup memperlihatkan arahan, mendorong anggota organisasi untuk memperlihatkan kinerja yang baik.
C. Visi sanggup mengakibatkan pandangan gres dan siap menghadapi tantangan
D. Rumusan  Visi  Satuan  Organisasi  dikomunikasikan  dengan seluruh stakeholders guna memperoleh penyempurnaan;  
2.        Rumusan  Visi  yang  baik  mempunyai  kriteria  (ciri-ciri)
A.   Rumusannya singkat, padat dan praktis diingat; 
B.   Rumusan  Visi  Satuan  Organisasi  dikomunikasikan  dengan seluruh stakeholders guna memperoleh penyempurnaan; 
C.   Rumusan  Visi  Satuan  Organisasi  merupakan  kesepakatan 
D.   Rumusan visi menerima pertolongan dan komitmen seluruh anggota organisasi
3.        Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 ihwal Standar Kepala Sekolah/Madrasah menyebutkan bahwa dimensi kompetensi supervisi mencakup ….
A. Mengidentifikasi permasalahan, merencanakan melaksanakan dan melaksanakan tindak lanjut hasil supervisi
B    Merencanakan, melaksanakan dan melaksanakan tindak lanjut supervisi
C Merencanakan, mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan,melaksanakan supervisi
D Mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan, merencanakan, melaksanakan dan melaksanakan tindak lanjut
4.        Dalam supervisi akademik, kemampuan guru yang disasarkan dalam supervisi mencakup ….
A. Pengetahuan, keterampilan mengajar, dan komitmen guru
B. Pengetahuan, keterampilan mengajar, perilaku guru
C. Penguasaan materi, metode mengajar, pengelolaan kelas guru
D. Silabus, planning pembelajaran, penilaian guru
5.        Kepala sekolah yang melaksanakan supervisi dengan maksud untuk mengawasi kinerja guru dan menganggap guru sebagai bawahannya yakni bukan seorang supervisor yang baik karena ….
A. perilaku supervisi yang dilakukan kurang manusiawi
B. perilaku supervisi yang dilakukan tidak kooperatif
C. perilaku supervisi yang dilakukan tidak sesuai dengan fakta
D. perilaku supervisi yang dilakukan menyalahi ketentuan
6.        Supervisi yang dirancang sebagai pendekatan dalam melaksanakan supervisi pengajaran terhadap calon guru yang sedang berpraktek mengajar untuk membantu calon guru memodifikasi pola-pola pengajaran yang tidak atau kurang efektif yakni ….
A. supervisi akademik
B. supervisi klinis
C. supervisi pengajaran
D. supervisi praktek mengajar
7.        Tugas tim pengembang kurikulum di sekolah ialah sebagai berikut, kecuali ….
A. menyusun dasar-dasar hukum, kerangka dasar serta jadwal inti kurikulum
B. memperlihatkan alternatif konsep pendidikan dan model kurikulum yang dipandang paling sesuai dengan perkembangan zaman
C. mengimplementasikan, menilai dan menyempurnakan kurikulum
D. mengartikulasikan kurikulum dan melaksanakan koordinasi segala pengalaman belajar
8.        Dimensi kepemimpinan mencakup antara lain ….
A. memprovokasi, mempengaruhi, meningkatkan dan mengembangkan
B. mempengaruhi, menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan
C. membagi peran, mendelegasikan wewenang, mengatur strategi, dan membuat keputusan
D. memutuskan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti
9.        Hakikat pembangunan tim didasarkan atas ….
A. kerjasama fungsional dan kerja sama peran
B. pengambilan keputusan yang diambil secara partisipatif
C. kepemimpinan yang hanya percaya pada data yang benar
D. pengambilan keputusan yang aman
10.        Tahapan dalam pembangunan tim antara lain ….
A. Benturan, Pembentukan, Kesepakatan, Puncak
B. Pembentukan, Kesepakatan, Benturan, Kemapanan
C. Pembentukan, Benturan, Kesepakatan, Puncak, Kemapanan 
D. Benturan, Kesepakatan, Puncak, Kemapanan
11.        Kewirausahaan mencakup tiga perilaku utama, yakni ….
A. kreatif, komitmen, berani mengambil resiko dari kegagalan
B. sistematis, percaya diri, tegas
C. agresif, kompetitif, egoistis
D. dinamis, inovatif, cerdas
12.        Cara menumbuhkan budaya mutu di lingkungan sekolah yakni dengan cara ….
A. memperlihatkan reward kepada guru dan siswa yang berprestasi
B. peningkatan kualitas kehidupan beragama
C. mempunyai sasaran mutu yang tinggi
D. melaksanakan rapat evaluasi
13.        Agar orang renta dan guru saling mengenal merupakan ….
A. salah satu bentuk hubungan antara masyarakat dengan sekolah
B. tujuan dilaksanakannya aktivitas pertemuan antara orang renta murid/ masyarakat dengan pihak sekolah
C. cara mendekatkan kebutuhan masyarakat dengan sekolah
D. teknik dalam melaksanakan hubungan kerjasama sekolah dengan masyarakat
14.        Partisipasi sekolah dalam aktivitas masyarakat bertujuan untuk ….
A. pembentukan karakter anak didik
B. mencari nilai tambah bagi masyarakat
C. menumbuhkan kepekaan sosial sekolah terhadap masyarakat
D. mencari sumbangan sekolah dari masyarakat
15.        Berikut yakni tujuan pemeliharaan sarana dan prasarana di sekolah adalah, kecuali ….
A. mengoptimalkan usia pakai peralatan
B. pemeliharaan yang baik memperlihatkan hasil pekerjaan yang baik
C. menjamin ketersediaan peralatan yang dibutuhkan melalui pengecekan secara rutin dan teratur
D. menjamin kesiapan operasional peralatan untuk mendukung kelancaran pekerjaan sehingga diperoleh hasil yang optimal
16.        Perabot merupakan salah satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai berikut, kecuali ….
A. fungsi pendidikan
B. fungsi konstruktif
C. fungsi administrasi
D. fungsi penunjang
17.        Tujuan dilaksanakannya aktivitas unit produksi/jasa yakni sebagai berikut, kecuali ….
A. sebagai sumber pendanaan utama untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas, dan biaya-biaya operasional pendidikan lainnya
B. sarana praktek produksi secara langsung bagi siswa
C. wahana pembinaan berbasis produksi/jasa bagi siswa
D. wahana untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa
18.        Berikut ini yakni faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan planning unit produksi dan jasa sekolah, kecuali ….
A. memilih lokasi usaha
B. membaca peluang bisnis
C. mempersiapkan planning organisasi
D. meneliti pelaku pasar di masa terkini
19.        Administrasi keuangan sekolah, manajemen kurikulum, manajemen kesiswaan, dan manajemen humas merupakan aktivitas tenaga manajemen sekolah yang berkaitan dengan kompetensi ketenagaan manajemen sekolah terutama kompetensi ….
A. sosial
B. teknis
C. manajerial
D. kepribadian
20.        Di bawah ini yakni usaha-usaha yang sanggup dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka pembinaan tenaga manajemen sekolah, kecuali ....
A. melaksanakan PHK terhadap tenaga manajemen sekolah
B. memperlihatkan reward bagi tenaga manajemen sekolah yang berprestasi
C. memberi kesempatan tenaga manajemen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
D. mengirim tenaga manajemen untuk mengikuti pembinaan yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya


Soal Latihan Uji Kompetensi Kepala Sekolah UKKS ONLINE
21.        Penerapan prinsip manajemen keuangan di sekolah bertujuan sebagai berikut kecuali ….
A. meningkatkan akuntabilitas keuangan sekolah
B. meningkatkan transparansi keuangan sekolah
C. meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah
D. meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan sekolah
22.        Dalam Peraturan Daerah disebutkan bahwa sekolah tidak boleh memungut dana dari masyarakat. Usaha Anda selaku kepala sekolah di antaranya ….
A. menghapus kegiatan-kegiatan yang tidak menerima dana dari BOS /pemerintah
B. membuka usaha sekolah yang sanggup menghasilkan sumber keuangan sekolah
C. mengajukan sumbangan kepada alumni yang telah sukses maupun perusahaan tertentu
D. melaksanakan koordinasi dengan komite sekolah biar komite sekolah menerima dana dari orang renta siswa
23.        Dalam pengalokasian keuangan sekolah terdapat istilah biaya personalia dan non personalia. Di bawah ini yakni alokasi keuangan sekolah yang tergolong biaya personalia yakni ....
A. pajak
B. tunjangan
C. jasa telekomunikasi
D. pemeliharaan sarana dan prasarana
24.        Pengelolaan tenaga kependidikan merupakan rangkaian jadwal yang integral, bersangkutpaut dengan problem ….
A. perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
B. perekrutan, penempatan, pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan
C. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
D. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan atau pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan
25.        Di bawah ini salah satu bentuk tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tenaga kependidikan yakni ….
A. iklim kerja yang kondusif dan profesional
B. terciptanya perilaku disiplin dalam melaksanakan tugas
C. profesi tenaga kependidikan belum menerima pengakuan dari masyarakat
D. produktivitas kerja tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan
26.        Sebuah SMP negeri mempunyai 12 rombongan belajar. Masing-masing rombongan berguru menampung 30 siswa. Jumlah guru yang ada 12 orang dengan kualifikasi: S1 Matematika 2 orang, S1 Bahasa Inggris 2 orang, D3 IPS 1 orang, D3 Olah Raga 1 orang, S1 Bahasa Indonesia 2 orang, D3 PAI 1 orang, S1 IPA 2 orang, S1 TIK 1 orang. Berdasarkan kondisi di atas problem yang ditemukan yakni ….
A. jumlah siswa per rombongan berguru tidak memenuhi standar
B. pendidik yang mempunyai kualifikasi pendidikan S1 kurang dari 100%
C. terdapat beberapa orang pendidik yang beban mengajarnya kurang dari 24 jam pelajaran
D. beberapa pendidik belum memenuhi dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar proses
27.        Hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS) menjadi tumpuan bagi tim pengembang sekolah untuk memilih posisi tahapan pengembangan sekolah. Tahap ketiga dalam tahapan pengembangan sekolah mempunyai makna sebagai berikut:
A. Telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan, namun masih perlu peningkatan
B. Telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan
C. Memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), tidak mempunyai kelemahan dan mempunyai beberapa kekuatan
D. Belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), mempunyai banyak kelemahan dan membutuhkan banyak perbaikan
28.        Dalam penyusunan EDS, pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun oleh BSNP dengan melibatkan beberapa komponen yaitu Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, Guru BK, Perwakilan Tenaga Kependidikan, dan Komite Sekolah. Tahap pengembangan EDS di atas termasuk tahap ke ....
A. satu,
B. dua
C. tiga
D. empat
29.        Penentuan prioritas dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) harus disetujui dalam musyawarah bersama antara sekolah dan stake-holder pendidikan. Di bawah ini yang termasuk kriteria keterlaksanaan, yaitu ….
A. Komitmen sekolah dikala sekarang untuk mewujudkannya.
B. Relevansi terhadap misi, visi, dan tujuan strategis sekolah
C. Dukungan sumber daya manusia, keahlian, energi,untuk mewujudkan.
D. Pentingnya pengembangan sekolah dalam kaitannya dengan semua faktor konteks
30.        Empat tahap yang berkaitan dengan bagaimana pendidik dan peserta didik mempelajari dan menemukan percaya diri mereka dalam menggunakan TIK, yaitu ....
A. merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, menghasilkan
B. mengenali, memahami, mempraktekkan, menghasilkan
C. menemukan, mempelajari, memahami, menjadi ahli.
D. mengenali alat, memprogramkan, mempraktekkan alat, mengontrol pelaksanaan
31.        Pemanfaatan TIK oleh sekolah yang dicirikan dengan adanya penggunaan TIK dalam manajemen sekolah dan dalam pembelajaran, termasuk pendekatan ….
A. Emerging
B. Applying
C. Infusing
D. Transforming
32.        Definisi TIK menurut UNESCO (2004) yakni teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi, menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Yang tidak termasuk definisi umum TIK tersebut antara lain ….
A. komputer
B. televisi
C. telepon
D. mikroskop
33.        Visi dari suatu sekolah mungkin tidak sama dengan visi sekolah lain sebab......
A. Visi dirumuskan sejalan dengan profil sekolah
B. Visi harus mempunyai keunikan
C. Visi yang berbeda akan lebih memacu pengembangan sekolah
D. Perbedaan merupakan pendorong tercapainya visi
34.        Visi sekolah sebaiknya dilengkapi dengan indikator dengan tujuan agar.......
A. visi tidak ditafsirkan secara berbeda
B. tujuan sanggup dicapai dengan mudah
C. misi sanggup dilaksanakan sebaik-baiknya
D. semua warga sekolah berpartisipasi aktif dalam pencapaian visi
35.        Peraturan menteri nomor 19 mengamanatkan bahwa setiap lembaga pendidikan harus memenuhi standar pengelolaan pendidikan, yang salah satu di antaranya ialah bahwa sekolah harus mempunyai visi yang salah satu tujuannya ialah biar sekolah......
A. bisa mencapai standar internasional
B. bisa mengembangkan kurikulum bertaraf internasional
C. bisa meraih harapan bersama secara sistematis dan terrencana
D. menjadi sekolah yang populer di lingkungannya
36.        Salah satu fungsi misi sekolah ialah sebagai......
A. sarana memperoleh dana yang cukup untuk mengembangkan lembaga
B. pijakan untuk memilih jadwal sekolah
C. memberi motivasi siswa dalam melaksanakan tugasnya
D. meningkatkan kesejahteraan staff dan guru
37.        Setiap warga sekolah wajib mengetahui dan memahami visi dan misi sekolah dengan tujuan agar.......
A. harapan sekolah sanggup tercapai tepat waktu
B. pencapaian nilai murni sanggup dimaksimalkan
C. siswa sukses dalam bidang akademik
D. status sekolah mencapai taraf internasional
38.        Sekolah akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap siswanya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan:...
A. Setiap proses pembelajaran disepakati menggunakan perpustakaan sebagai somber belajar,
B. Menambah jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang aktivitas tersebut
C. Diadakan jam wajib baca dan menulis bagi setiap siswa di sekolah tersebut,
D. Setiap proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran disepakati mengembangkan budaya membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan,
39.        Visi yakni sebagai berikut:"Berprestasi, berbudaya, dan ber-IPTEK, serta dilandasi IMTAQ" dan salah satu misinya yakni meningkatkan kualitas pembelajaran.Salah satu tujuan jangka pendek yang terkait dengan misi tersebut adalah...
A. Sebagian guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No.41 Tahun 2007 ihwal Standar Proses
B. Guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 ihwal Standar Proses
C. Semua guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 ihwal Standar Proses
D. Sebagian guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 ihwal Standar Proses
40.        Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari aktivitas tersebut yakni ...
A. Membuat surat edaran yang ditandatangani semua guru ihwal kesediaan melaksanakan pembelajaran kontekstual,
B. Menugasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua mata pelajaran dan diperiksa ihwal aktivitas pembelajarannya,
C. Sekolah mengadakan IHT ihwal pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya,
D. Meningkatkan aktivitas MGMP sekolah untuk semua mata pelajaran.

Soal Latihan Uji Kompetensi Kepala Sekolah UKKS ONLINE
41.        Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, ihwal Standar Proses memilih bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas inti berisi proses interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan  ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan......
A. Menghimbau kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
B. Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di MGMPS serta  dipantau dan diadakan pembinaan secara intensif,
C. Selalu mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
D. Menugasi wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut.
42.        Pada ulangan harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas tersebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi problem di atas Kepala Sekolah melakukan.....
A. Mengingatkan kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel,
B. Membiarkan guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP,
C. Menegur guru tersebut pada rapat dewan guru karena melaksanakan kesalahan penanganan dalam melaksanakan penilaian,
D. Membiarkan guru tersebut karena aktivitas penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP
43.        Bentuk LHBS untuk setiap mata pelajaran yang sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun 2007 yakni .....
A. Satu nilai untuk satu mata pelajaran
B. Satu nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar
C. Satu nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran
D. Satu nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan belajar,
44.        Pada dikala rapat dewan pendidik untuk menetapkan kelulusan siswa terdapat 3 siswa lulus Ujian Nasional tetapi tidak lulus ujian sekolah karena satu mata pelajaran ujian sekolah di bawah kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
A. Menetapkan 3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas dasar hasil rapat dewan pendidik,
B. Menghimbau pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkut prestise sekolah,
C. Meluluskan 3 siswa tersebut karena ujian nasional mempunyai bobot lebih dari pada ujian sekolah,
D. Memerintahkan guru mata pelajaran yang mengakibatkan tidak lulus untuk menambah nilai biar siswa tersebut lulus sekolah.
45.        Kegiatan pelayanan konseling sangat dibutuhkan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
A. Mengabulkan ajakan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa,
B. Tidak mengabulkan ajakan tersebut karena akan menambah beban berguru siswa
C. Mengabulkan ajakan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam tersebut bukan merupakan beban berguru siswa,
D. Tidak mengabulkan ajakan tersebut meskipun aktivitas tersebut sangat penting.
46.        Dewan guru menghendaki pada SMKS Taruna Bakti pada hari sabtu tidak ada aktivitas pembelajaran tetapi dimanfaatkan untuk aktivitas ekstrakurikuler. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah .....
A. Tidak menyetujui dengan alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada,
B. Menyetujui atas dasar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta dilaksanakan dengan baik dan akuntabel,
C. Menyetujui tetapi dengan syarat pada hari sabtu bukan hari libur,
D. Tidak menyetujui karena akan merugikan siswa.
47.        Untuk meningkatkan mutu akademik, sekolah berkeinginan untuk mengatur aktivitas akademik, dan hasil rapat dewan pendidik disepakati adanya peraturan akademik di sekolah tersebut. Menyikapi hal tersebut kepala sekolah melakukan... ...
A. Segera memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan secara lisan kepada seluruh siswa
B. Segera mebentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera mensosialisasikan kepada seluruh siswa
C. Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan di sekolah tersebut.
D. Segera membuat SK pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru mapel
48.        Guna pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsure pada sekolah tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan yakni .....
A. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
B. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan kiprah dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
C. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya,
D. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan kiprah dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya
49.        Dari hasil penilaian sekolah diakhir tahun, SMK MAJU akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi bidang keuangan dan pembiayaan. Menyikapi hal tersebut, kepala SMK MAJU melakukan.......
A. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya
B. Membentuk TIM untuk menyusun RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan menerima ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah,
C. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan menerima ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
D. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah dan ditetapkan oleh kepala sekolah, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
50.        Agar penerimaan siswa gres pada SMK WAJAR berjalan lancar dan terkendali, seharusnya sekolah tersebut ...
A. Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, dan diberitakan kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan,
B. Menyusun dan mengembangkan edaran ihwal PSB kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan
C. Mensosialisasikan kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau media elektronika, sebelum PSB di laksanakan
D. Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, sebelum PSB di laksanakan.
51.        SMPN 1 Kotabaru akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Manajemen, sehingga ajakan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah sanggup segera diberikan atau diketahui. Menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan........
A. Memerintahkan wakil kepala untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan praktis diakses, sehingga sanggup melayani masyarakat secara optimal,
B. Menugaskan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam ajakan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah, serta didokumentasikan dengan baik sebagai materi laporan kepada Dinas Pendidikan Kota,
C. Membentuk TIM untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan praktis diakses melayani ajakan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah,
D. Memerintahkan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan praktis diakses, sehingga sanggup melayani masyarakat secara optimal.
52.        Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan, sekolah menyusun pedoman operasional sekolah. Pedoman pengelolaan sekolah mencakup ...
A. RKAS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBS, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir,
B. KTSP, Kaldik, Struktur Organlsasi Sekolah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional Sekolah,
C. RAPBS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik,Daftar Hadir,
D. KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Dan Beaya Operasional Sekolah,
53.        Kepala SMK JUJUR akan mempertanggungjawabkan pelaksanaan aktivitas sekolah. Yang dilakukan oleh Kepala Sekolah tersebut diakhir Tahun Pelajaran adalah
A. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan aktivitas sekolah dalam bentuklaporan tertulis pelaksanaan aktivitas sekolah kepada Kepala DinasPendidikan Kabupaten/ Kota,
B. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan aktivitas sekolah dalam bentuklaporan tertulis pelaksanaan aktivitas sekolah kepada PemerintahKabupaten/Kota melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota,
C. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan aktivitas sekolah bidang akademik pada rapat dewan pendidik dan non akademik pada rapat komite sekolah dalam bentuk laporan,
D. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan aktivitas sekolah pada komite sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota dalam bentuk laporan tertulis.
54.        Permendiknas No. 19 tahun 2007 ihwal Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, menyatakan bahwa Supervisi pengelolaan akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas sekolah/madrasah. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
A. Menyusunan jadwal supervisi pengelolaan akademik di sekolah dan disosialisasikan ke seluruh pendidik, serta dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan,
B. Menyusun jadwal supervisi akademik di sekolah dan pelaksanaannya dilakukan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan atau guru senior,
C. Melaksanakan aktivitas supervisi akademis bersama pengawas sekolah,
D. Menyusun jadwal aktivitas supervisi dan disosialisasikan serta pelaksanaanya didelegasikan kepada wakil bidang kurikulum dan atau guru senior.
55.        Pada aktivitas supervisi klinis oleh Kepala Sekolah, seorang guru meminta supervisor untuk mengamati khusus pada kemampuan teknik bertanya. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah selaku supervisor ...
A. Memberikan pengarahan bahwa hal itu bertentangan dengan konsep dari supervisi,
B. Menyarankan bahwa hal itu tidak bisa dilakukan karena aktivitas supervise harus melihat semua aspek pada aktivitas pembelajaran,
C. Menyetujui ajakan tersebut sebagai fokus pengamatan, tetapi aspek yang lain juga dilihat sesuai aspek yang ada pada instrumen,
D. Tidak menyetujui karena supervisi dilakukan untuk aktivitas penilaian kinerja guru.
56.        Untuk memenuhi Standar Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan lengkap isinya dan akan dimanfaatkan secara optimal. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
A. Mengadakan rapat dewan pendidik ihwal optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran,
B. Memberikan surat edaran kepada semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal,
C. Mengadakan rapat dewan pendidik ihwal optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran dan dipantau pemanfaatannya melalui jumal penggunaan ruang media,
D. Mengedarkan surat pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan dikembalikan sehingga guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal
57.        Kepala SMKN 1 Kota Besar senantiasa menambah daya tampung sehingga jumlah rombongan berguru dikala ini yakni 30 rombel dengan setiap rombel menampung 44 siswa. Jika Anda sebagai Kepala di SMK tersebut yang dilakukan yakni ...
A. Mempertahankan jumlah rombel dan jumlah siswa setiap rombel karena hal ini membuktikan musim masyarakat tinggi,
B. Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel tetap 32 siswa
C. Mepertahankan jumlah rombel tetapi mengurangi jumlah siswa menjadi 40 siswa perombel,
D. Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel 40 siswa
58.        Kepala sekolah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk mempunyai kompetensi kepribadian, kecuali?
A. tanggung jawab dan komitmen terhadap tugas.
B. bisa beradaptasi dengan perkantoran.
C. berkeinginan antuk terus mengasah keterampilan diri.
D. inovatif, kreatif mengembangkan sekolah.
59.        Di awal tahun pelajaran kepala sekolah menetapkan jadwal peningkatan kesejahteraan guru, semua pendidik dan tenaga kependidikan merasa senang karena tuntutannya terpenuhi, di tengah perjalanan pemasukan keuangan tersendat karena dampak ¬kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala sekolah:
A. rnenghentikan kenaikan uang transport, karena PNS telah menerima gaji.
B. tetap uang transport diberikan, sekalipun devisit keuangan sekolah dan melaksanakan perubahan APBS.
C. pembayaran uang transport pembayarannya ditunda.
D. pinjam uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan.
60.        Penempatan Kepala Sekolah di sekolah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan terbatas, sarana prasarana terbatas untuk menjalankan kiprah kepala sekolah!
A. mengingat semua guru dan TU tenaga gres belum pengalaman maka, semua kiprah mengerjakan sendiri biar cepat selesai.
B. semua dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dan selamat.
C. saya memahami keadaan, semua guru dan TU diikut-sertakan workshop biar SDM mengikat.
D. menyusun struktur organisasi, menyusun uraian kiprah (tupoksi) semua dikerjakan bahu-membahu untuk merampungkan pekerjaan.


Soal Latihan Uji Kompetensi Kepala Sekolah UKKS ONLINE
61.        Kepala Sekolah ditekan oleh wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu, sehingga kepala sekolah tidak merasa betah di sekolah, hasil audit kepala sekolah tidak bersalah?
A. Mempertahankan tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi.
B. Mengajukan mutasi biar terdapat suasana kerja baru.
C. Menantang siapa pun orangnya yang menekan.
D. Memohon pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku.
62.        Sebagai pimpinan dalam stratifikasi sosial sekolah, Kepala Sekolah yakni tingkatan tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala sekolah dan tidak pernah menegur Kepala Sekolah jikalau saling jumpa, perilaku kepala sekolah?
A. biar saja, asal tidak mengganggu.
B. guru tersebut diberi surat panggilan, karena kepala sekolah penguasa tunggal di sekolah.
C. Kepala Sekolah setiap pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan memperlihatkan salam.
D. mengabsen guru-guru untuk menyidik kedisiplinannya, biar ikut memikirkan sekolah.
63.        Perubahan-perubahan selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah baik perubahan kurikulum, manajemen pendidikan, model dan taktik pembelajaran maupun pengelolaannya untuk melaksanakan perubahan...
A. merasa tidak enak melaksanakan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung.
B. selalu menunggu petunjuk dan isyarat Kepala Dinas biar tidak menyalahiprosedur.
C. melaksanakan keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah,dinas pendidikan dan pemerintah daerah/pusat.
D. memerintahkan untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan.
64.        Terlibatnya siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan banyak pihak luar sekolah tergolong dimensi kompetensi Kepala Sekolah.......
A. Pribadi
B. Sosial
C. Manajerial
D. Akademis
65.        Partisipasi aktif dalam aktivitas kecamatan, kabupaten/kota termasuk masuk dimensi kompetensi Kepala Sekolah.........
A. Kepribadian
B. Manajerial
C. Sosial
D. Sektoral
66.        Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi tabiat mulia, dan menjadi teladan tabiat mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......
A. Kepribadian
B. Manajerial
C. Sosial
D. Moral
67.        Menciptakan inovasi yang mempunyai kegunaan bagi pengembangan sekolah, mempunyai motivasi dan kuat untuk sukses dalam melaksanakan kiprah pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......
A. Kepribadian
B. Manajerial
C. Sosial
D. kewirausahaan
68.        Membuka perbengkelan sekolah untuk umum dan untuk mengelola aktivitas produksi dan jasa sebagai sumber berguru peserta didik yakni merupakan  dimensi kompetensi.......
A. Kepribadian
B. Produktivitas
C. Manajerial
D. Kewirausahaan
69.        Sesuai peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005, diamanatkan bahwa lingkup Standar Nasional Pendidikan mencakup 8 standar yang salah satu diantaranya ialah standar isi yang kita gunakan sebagai pijakan untuk memilih ............
A. lingkup materi bimbing dan tingkat kompetensi
B. jumlah siswa pada tiap rombongan belajar
C. sarana prasarana yang harus tersedia di dalam kelas
D. mekanisme aktivitas pembelajaran
70.        Sesuai dengan peraturan menteri no 16 tahun 2007, diamanatkan bahwa setiap guru harus mempunyai minimal 4 standar kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Berikut ini yang termasuk kompetensi kepribadian ialah....
A. Menghargai setiap peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut.
B. berkomunikasi dengan orang renta peserta didik secara santun
C. menguasai bidang yang diajarkan
D. memahami beberapa teori belajar
71.        Perabot merupakan salah satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai berikut, kecuali ...: 
A.  fungsi pendidikan
B.  fungsi konstruktif 
C. fungsi manajemen
D. fungsi penunjang
72.        Tujuan dilaksanakannya aktivitas unit produksi/jasa yakni sebagai berikut, kecuali ....
A.  sebagai sumber pendanaan utama  untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas, dan biaya-biaya operasional pendidikan lainnya
B.  sarana praktik produksi secara langsung bagi siswa
C. wahana pembinaan berbasis produksi/jasa bagi siswa
D. wahana untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa
73.        Berikut ini yakni faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan planning unit produksi dan jasa sekolah, kecuali ....
A.  memilih lokasi usaha 
B.  membaca peluang bisnis
C. mempersiapkan planning organisasi 
D. meneliti pelaku pasar di masa terkini 
74.        Administrasi keuangan sekolah, manajemen kurikulum, manajemen kesiswaan, dan manajemen humas merupakan aktivitas tenaga manajemen sekolah yang berkaitan dengan kompetensi ketenagaan manajemen sekolah terutama kompetensi .... 
A.  sosial 
B.  teknis 
C. manajerial 
D. kepribadian 
75.        Di bawah ini yakni usaha-usaha yang sanggup dilakukan oleh kepala sekolah  dalam rangka pembinaan tenaga manajemen sekolah, kecuali 
A.  melaksanakan PHK terhadap tenaga manajemen sekolah
B.  memperlihatkan reward bagi tenaga manajemen sekolah yang berprestasi
C. memberi kesempatan tenaga manajemen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
D. mengirim tenaga manajemen untuk mengikuti diklat-diklat yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya
76.        Penerapan prinsip-prinsip manajemen keuangan di sekolah bertujuan sebagai berikut kecuali .... 
A.  meningkatkan akuntabilitas keuangan sekolah
B.  meningkatkan  transparansi keuangan sekolah
C. meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah
D. meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan sekolah

77.        Salah satu tujuan MPMBS ialah untuk memandirikan atau memberdayakan sekolah melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada sekolah, pemberian fleksibilitas yang lebih besar kepada sekolah untuk mengelola sumberdaya sekolah, dan mendorong partisipasi warga sekolah dan masyarakat. Berikut ini yang TIDAK termasuk indikator tercapainya tujuan MPMBS ialah…….
A.  semakin meningkatnya perhatian masyarakat terhadap sekolah
B.  meningkatnya inovasi kepala sekolah untuk mengembangkan lembaga
C. berkurangya ketergantungan sekolah pada pemerintah
D. meningkatnya jumlah siswa pada masing-masing rombongan berguru
78.        Dalam rangka optimalisasi partisipasi warga sekolah dan masyarakat dalam mengembangkan sekolah, maka sekolah boleh  ........
A.  Memungut uang sekolah sebesar-besarnya
B.  Mendorong masyarakat untuk memperlihatkan saran/kritik terhadap sekolah melalui jalur yang benar.
C. Memprioritaskan warga sekitar dalam merikrut tenaga pengajar
D. Mewajibkan warga sekitar untuk menjadi donatur tetap untuk pengembangan sekolah
79.        SWOT ialah merupakan kependekan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threat yang artinya ialah........
A.  Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan ancaman
B.  Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan solusi
C. Kekuatan, kelemahan, peluang dan kondisi
D. Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman
80.        Analisis SWOT bertujuan untuk.........
A. Menentukan kesiapan fungsi-fungsi dalam kerangaka mencapai sasaran tertentu
B.  Menentukan besarnya biaya yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran tertentu
C.  Menghindari kelemahan dan ancaman biar sasaran sanggup dicapai
D. Menunjukkan kekuatan dan menyembunyikan kelemahan dalam kerangka mencapai sasaran


Soal Latihan Uji Kompetensi Kepala Sekolah UKKS ONLINE
81.        Berikut ini yang termasuk tujuan dari PTK ialah.......
A.  untuk menemukan teori yang gres
B.  untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C.  untuk melaksanakan eksperimen
D.  untuk membuktikan kebenaran teori yang ada
82.        Dalam PTK terdapat 4 tahapan, yaitu .......
A.  perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi 
B.  perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi
C.  perencanaan, refleksi, tindakan dan observasi
D.  perencanaan, refleksi, observasi dan tindakan
83.        Judul yang benar dari PTK ialah.......
A.  Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa melalui Pajangan Bahasa secara Alami pada Kelas 1 SMK Terpadu Malang. 
B.Pengaruh Pajangan Bahasa secara Alami Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa.
C.  Korelasi antara Penguasaan Kosakata Siswa dan Kegiatan Pajangan Bahasa secara Alami di SMK 1 Malang.
D. Penggunaan Strategi Pajangan Alami dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata 
84.        “Dapatkah pajangan bahasa secara alami meningkatkan penguasaan kosa kata siswa pada kelas 1 SMK Terpadu Malang?” Pernyataan di atas yakni cocok untuk digunakan dalam.......
A.  hepotesis tindakan
B.  tujuan penelitian
C. rumusan problem
D. judul penelitian
85.        Empat tahap yang berkaitan dengan bagaimana pendidik dan peserta didik mempelajari dan menemukan percaya diri mereka dalam menggunakan TIK, yaitu:
A. Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, menghasilkan
B.  Mengenali, memahami, mampraktikkan, menghasilkan
C. Menemukan, mempelajari, memahami, menjadi ahli.
D. Mengenali alat, memprogramkan, mempratikkan alat, mengontrol pelaksanaan.
86.        Pemanfaatan TIK oleh sekolah yang dicirikan dengan adanya penggunaan TIK dalam manajemen sekolah dan dalam pembelajaran, termasuk pendekatan ....
A. Emerging
B. Applying
C. Infusing
D. Transforming
87.       Definisi TIK menurut UNESCO (2004) yakni teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi, menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Yang tidak termasuk definisi umum TIK tersebut antara lain ....
A. Computer
B. Televisi
C. Telepon
D. Mikroskop
88.       Sebuah SMP negeri mempunyai 12 rombongan belajar. Masing-masing rombongan berguru menampung 30 siswa. Jumlah guru yang ada 12 orang dengan kualifikasi: S1 Matematika 2 orang, S1 Bahasa Inggris 2 orang, D3 IPS 1 orang, D3 Olah Raga 1 orang, S1 Bahasa Indonesia 2 orang, D3 PAI 1 orang, S1 IPA 2 orang, S1 TIK 1 orang. Berdasarkan kondisi di atas problem yang ditemukan yakni ....
A. jumlah siswa per rombongan berguru tidak memenuhi standar
B. pendidik yang mempunyai kualifikasi pendidikan S1 kurang dari 100 %
C. terdapat beberapa orang pendidik yang beban mengajarnya kurang dari 24 jam pelajaran
D. beberapa pendidik belum memenuhi dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar proses
89.       Hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS) menjadi tumpuan bagi tim pengembang sekolah untuk memilih posisi tahapan pengembangan sekolah. Tahap ketiga dalam tahapan pengembangan sekolah mempunyai makna sebagai berikut:
A. Telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan, namun masih perlu peningkatan
B. Telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan
C. Memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), tidak mempunyai kelemahan dan mempunyai beberapa kekuatan
D. Belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), mempunyai banyak kelemahan dan membutuhkan banyak perbaikan
90.       Dalam penyusunan EDS, pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun oleh BSNP dengan melibatkan beberapa komponen yaitu Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, Guru BK, Perwakilan Tenaga Kependidikan, dan Komite Sekolah. Tahap pengembangan EDS di atas termasuk tahap ke ...
A. Satu,
B. Dua
C. Tiga
D. Empat
91.       Penentuan prioritas dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) harus disetujui dalam musyawarah bersama antara sekolah dan stakeholder pendidikan. Di bawah ini yang termasuk kriteria keterlaksanaan, yaitu ....
A. Komitmen sekolah dikala sekarang untuk mewujudkannya.
B. Relevansi terhadap misi, visi, dan tujuan strategis sekolah
C. Dukungan sumber daya manusia, keahlian, energi,untuk mewujudkan.
D. Pentingnya pengembangan sekolah dalam kaitannya dengan semua faktor konteks
92.       Kita sanggup menemukan situs di web dengan cepat melalui search engine yang populer yaitu.......
A.  antivir
B.  acrobat reader
C.  yahoo/google
D.  photoshop

93.       Program Jardiknas bertujuan untuk meningkatkan  mutu pendidikan Melalui.....
A.  jadwal wajib berguru 9 tahun 
B.  pemanfaatan media cetak untuk seluruh institusi di tanah air
C.  susukan informasi dan komunikasi online antar lembaga dan komunitas pendidikan 
D.  maksimalisasi penggunaan sarana komputer di dalam kelas
94.       Kita sanggup mengirim file melalui e-mail dengan menggunakan fasilitas.....
A.  folder
B.  mail list
C.  yahoo massanger
D.  attachment
95.       Microsoft Power Point sanggup membantu kita dalam melakukan.......
A.  penyimpanan data
B.  pembukuan
C.  presentasi
D.  entri data
96.       Penerapan prinsip-prinsip manajemen keuangan di sekolah bertujuan sebagai berikut kecuali ....
A. meningkatkan akuntabilitas keuangan sekolah
B. meningkatkan transparansi keuangan sekolah
C. meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah
D. meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan sekolah
97.       Dalam Peraturan Daerah disebutkan bahwa sekolah tidak boleh memungut dana dari masyarakat. Usaha Anda selaku kepala sekolah di antaranya ....
A. menghapus kegiatan-kegiatan yang tidak menerima dana dari BOS / pemerintah
B. membuka usaha sekolah yang sanggup menghasilkan sumber keuangan sekolah
C. mengajukan sumbangan kepada alumni yang telah sukses maupun perusahaan tertentu
D. melaksanakan koordinasi dengan komite sekolah biar komite sekolah menerima dana dari orang renta siswa
98.       Dalam pengalokasian keuangan sekolah terdapat istilah biaya personalia dan nonpersonalia. Di bawah ini yakni alokasi keuangan sekolah yang tergolong biaya personalia:
A. pajak
B. tunjangan
C. jasa telekomunikasi
D. . pemeliharaan sarana dan prasarana
99.       Pengelolaan tenaga kependidikan merupakan rangkaian jadwal yang integral, bersangkut-paut dengan problem ....
A. perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
B. perekrutan, penempatan, pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan
C. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
D. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan atau pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan
100.       Di bawah ini salah satu bentuk tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tenaga kependidikan yakni ....
A. iklim kerja yang kondusif dan professional
B. terciptanya perilaku disiplin dalam melaksanakan tugas
C..profesi tenaga kependidikan belum menerima pengakuan dari masyarakat
D. produktivitas kerja tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan

Demikian info  Latihan Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah UKKS Online semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu Kepala Sekolah yang akan mengikuti Uji Kompetensi Kepala Sekolah. 

========================================================



= Baca Juga =




Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Soal Latihan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (Ukks) Online"