Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Mata Pelajaran Ppkn Smp



A. Pengertian

Sebelum membahas Tujuan dan Ruang lingkup mata pelajaran PPKn SMP, terlebih dahulu kita bahasa pengertian mata pelajaran PPKn SMP. Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang memahami dan bisa melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.


B. Tujuan PPKn / PKn
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan biar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi info kewarganegaraan
2. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam acara bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi
3. Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia biar sanggup hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
4. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi warta dan komunikasi.



C. Ruang Lingkup PPKn / PKn
Ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Persatuan dan Kesatuan bangsa, meliputi: Hidup rukun dalam perbedaan, Cinta lingkungan, Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda, Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Partisipasi dalam pembelaan negara, Sikap positif terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, Keterbukaan dan jaminan keadilan
2. Norma, aturan dan peraturan, meliputi: Tertib dalam kehidupan keluarga, Tata tertib di sekolah, Norma yang berlaku di masyarakat, Peraturan-peraturan daerah, Norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Sistim aturan dan peradilan nasional, Hukum dan peradilan internasional
3. Hak asasi manusia meliputi: Hak dan kewajiban anak, Hak dan kewajiban anggota masyarakat, Instrumen nasional dan internasional HAM, Pemajuan, penghormatan dan pertolongan HAM
4. Kebutuhan warga negara meliputi: Hidup gotong royong, Harga diri sebagai warga masyarakat, Kebebasan berorganisasi, Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, Menghargai keputusan bersama, Prestasi diri, Persamaan kedudukan warga negara
5. Konstitusi Negara meliputi: Proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama, Konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia, Hubungan dasar negara dengan konstitusi
6. Kekuasan dan Politik, meliputi: Pemerintahan desa dan kecamatan, Pemerintahan tempat dan otonomi, Pemerintah pusat, Demokrasi dan sistem politik, Budaya politik, Budaya demokrasi menuju masyarakat madani, Sistem pemerintahan, Pers dalam masyarakat demokrasi
7. Pancasila meliputi: kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara, Pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai ideologi terbuka
8. Globalisasi meliputi: Globalisasi di lingkungannya, Politik luar negeri Indonesia di masa globalisasi, Dampak globalisasi, Hubungan internasional dan organisasi internasional, dan Mengevaluasi globalisasi.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas VII, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menunjukkan perilaku positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara 1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, watak istiadat, peraturan, yang berlaku dalam masyarakat
1.2 Menjelaskan hakikat dan arti penting aturan bagi warganegara
1.3 Menerapkan norma-norma, kebiasaan, watak istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2. Mendeskripsikan makna Proklamasi Kemerdekaan dan konstitusi pertama 2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan
2.2 Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama
2.3 Menganalisis relasi antara proklamasi kemerdekaan dan UUD 1945
2.4 Menunjukkan perilaku positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama 

Kelas VII, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Menampilkan perilaku positif terhadap pertolongan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM) 3.1 Menguraikan hakikat, aturan dan kelembagaan HAM 
3.2 Mendeskripsikan masalah pelanggaran dan upaya penegakan HAM 
3.3 Menghargai upaya pertolongan HAM 
3.4 Menghargai upaya penegakan HAM
4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat 4.1 Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat
4.2 Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
4.3 Mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab

Kelas VIII, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila 1.1 Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara
1.2 Menguraikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara
1.3 Menunjukkan perilaku positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
1.4 Menampilkan perilaku positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyakat
2. Memahami aneka macam konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia 2.1 Menjelaskan aneka macam konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
2.2 Menganalisis penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia
2.3 Menunjukkan hasil-hasil amandemen UUD 1945 
2.4 Menampilkan perilaku positif terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen
3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional 3.1 Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
3.2 Mendeskripsikan proses pembuatan peraturan perundang-undangan nasional
3.3 Mentaati peraturan perundang-undangan nasional
3.4 Mengidentifikasi masalah korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
3.5 Mendeskripsikan pengertian anti korupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) anti korupsi di Indonesia

Kelas VIII, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam aneka macam aspek kehidupan 4.1 Menjelaskan hakikat demokrasi 
4.2 Menjelaskan pentingnya kehidupan demokratis dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
4.3 Menunjukkan perilaku positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam aneka macam kehidupan
5. Memahami kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan di Indonesia 5.1 Menjelaskan makna kedaulatan rakyat
5.2 Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan kiprah lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat
5.3 Menunjukkan perilaku positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia 

Kelas IX, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara 1.1 Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara
1.2 Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara
1.3 Menampilkan kiprah serta dalam usaha pembelaan negara
2. Memahami pelaksanaan otonomi tempat 2.1 Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah
2.2 Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah

Kelas IX, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Memahami efek globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara 3.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia
3.2 Mendeskripsikan politik luar negeri dalam relasi internasional di masa global
3.3 Mendeskripsikan efek globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
3.4 Menentukan perilaku terhadap efek globalisasi
4. Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa 4.1 Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa
4.2 Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan
4.3 Menampilkan kiprah serta dalam aneka macam program untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa 

E. Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, acara pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang acara pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Sumber: Permendiknas No: 22 Th 2006 Tentang Standar Isi

==================================







= Baca Juga =




Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Mata Pelajaran Ppkn Smp"